Bicara soal nutrisi, tak jauh kaitannya dengan tumbuh kembang anak. Hal ini yang selalu dipikirkan oleh semua Ibu dimanapun berada untuk buah hatinya. Kita juga selalu ingin anak kita tumbuh kembangnya optimal, dan saya percaya nutrisi memegang peranan penting untuk ini. Namun, ketika tumbuh kembang anak kita stagnan, biasanya Ibu mulai pusing, apakah anak saya ini nutrisinya sudah tercukupi? Apakah gizinya seimbang? Lalu, bagaimana memelihara sistem imun untuk memenuhi tumbuh kembang anak?

Memberikan Makanan bernutrisi Setiap Hari

Sejak punya anak, saya jadi sering mencari tau banyak tentang nutrisi, apa itu nutrisi dan bagaimana cara memenuhi nutrisi harian si kecil. Tentu saja hal ini dilakukan agar anak kita selalu sehat dan memiliki tumbuh kembang yang optimal baik dari berat badan dan juga tinggi badannya. Karena inilah yang menjadi pondasi awal untuk mendukung imunitas yang baik hingga kecerdasannya. Sampai kemarin ini pun, saya juga masih terus menimba ilmu seputar nutrisi di Zoom Class Nutriclub yang berjudul Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal.

Di Zoom Class tersebut menghadirkan 2 expert yang berpengalaman dibidangnya yaitu dengan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) dan Head of Department of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD.

Zoom class yang dijelaskan oleh DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) memberikan pemaparan mengenai nutrisi, imunitas manusia dan juga tentang kesehatan saluran cerna. Nah, untuk ibu-ibu yang masih pusing tentang bagaimana memelihara sistem imun untuk memenuhi tumbuh kembang anak? nutrisi dan imunitas si kecil, tenang.. kita belajar bareng yuk. Berikut akan saya kutip penjelasan dari Ibu Dokter Ariani.

Mengenal Nutrisi

Nutrisi yang Tepat Untuk Imunitas yang Kuat

Sebelum kita berbicara tentang nutrisi, kita cari tau dulu tentang Imunitas Manusia. Imunitas menjadi garda terdepan untuk menjaga tubuh kita dari berbagai mikroba dan penyakit. Selanjutnya, imunitas itu terbagi 2, yaitu Segera, yang terdapat secara otomatis sejak kita lahir. Imunitas ini berupa fisik dan pertahanan. Ini terbentuk sendiri sejak kita didalam kandungan dan akan berus berkembang sesuai dengan usia. Kemudian Adaptif, yaitu berupa antibodi yang terbentuk untuk melawan virus ataupun mikroba. Imunitas ini perlu dibentuk dan di supply agar berkembang dengan baik.

Kemudian, apakah nutrisi itu? Nutrisi adalah suatu substansi organik yang ada dan dibutuhkan oleh organisme yang memiliki manfaat menormalkan sistem tubuh, pertumbuhan tubuh dan juga sebagai pemeliharaan kesehatan. Penelitian di bidang nutrisi sendri mempelajari hubungan yang terjadi antara makan dan minuman akan kesehatan dan juga penyakit yang khususnya agar dapat menentukan diet yang optimal.

Jenis Jenis Nutrisi

Nutrisi itu ada 2 jenis yaitu :

1. Mikronutrisi

Mikronutrisi merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit dan hanya berfungsi untuk mendukung metabolisme tubuh. Terdapat tiga senyawa yang dapat dikategorikan sebagai nutrisi, yaitu vitamin, mineral dan air.

Pada mikronutrisi, dibutuhkan beberapa vitamin penting yaitu : vitamin A, C, D, E, B6, B12, dan folat. Sedangkan mineral dapat berupa zat besi, tembaga, selenium, dan zinc.

2. Makronutrisi

Sementara itu, makronutrisi merupakan kebalikan dari mikronutrisi. Nutrisi ini biasanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena sebagai sumber energi. Makronutrisi dapat ditemukan pada asam amino, camosine, lemak rantai panjang, dan karbohidrat.

Kebutuhan nutrisi harian pada anak dapat diterapkan pada menu harian dengan gizi seimbang, seperti :

  • Karbohidrat : yang mengandung serat tinggi seperti nasi, roti, sereal, kentang, atau mi.
  • Buah dan sayur : pisang, pepaya, jeruk, tomat, dan wortel.
  • Susu dan produk olahannya : seperti keju dan yoghurt.
  • Protein : terdapat pada hewani, nabati, telur, dan kacang-kacangan. Tunda pemberiannya bila timbul alergi.
  • Lemak : seperti yang terdapat dalam minyak, santan, mentega, roti, dan kue juga mengandung omega 3 dan 6 yang penting untuk perkembangan otak. 

Nah, dengan nutrisi harian tercukupi, maka sistem imun akan terbentuk dengan baik. Makanan yang kita makan akan membuat mikrobioma pada saluran cerna akan berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma ini memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen.

Mikrobioma Usus sangat penting agar dapat membantu tubuh mencerna makanan, menghasilkan beberapa vit seperti B12, folat, dan vit K untuk meregulasi metabolisme energi dalam melawan mikroorganisme patogen.

Anak yang rentan terkena penyakit infeksi ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, sehingga apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut.

Baru saja kita singgung mengenai mikrobioma pada usus, apakah Ibu sudah tau apa itu Mikrobioma? Berikut saya uraikan kutipan dari Prof Yvan mengenai mikrobioma.

Apa itu Mikrobioma

Mikrobioma Usus

Usus merupakan bagian tubuh yang dihuni oleh setidaknya 70% mikrobioma manusia. Mikrobioma usus ini juga yang sudah paling banyak diteliti dibanding mikrobioma di bagian tubuh lainnya. Kehadiran para tamu kecil yang hidup di usus kita memberikan beberapa manfaat berikut :

  • Mencerna beberapa karbohidrat kompleks yang tidak mampu dicerna oleh enzim pencernaan manusia
  • Mengembangkan sistem imun kita, dengan melatih sistem imun untuk membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat
  • Mencegah bakteri jahat menjajah tubuh kita, dengan memperebutkan “tempat tinggal” yang tidak lain adalah permukaan organ tubuh kita
  • Menghasilkan beberapa asam lemak pendek (short chain fatty acids), yang turut menjadi sumber energi bagi sel-sel saluran cerna
  • Menghasilkan beberapa vitamin, misalnya vitamin K dan beberapa vitamin B

Mikrobiota

Mikrobiota adalah seluruh mikroba yang hidup di tubuh manusia yang terdiri dari bakteri, archae, virus, dan jamur yang pada umumnya hidup di setiap bagian tubuh manusia seperti kulit, vagina, hidung dan mulut.

Bakteri pada mikrobioma manusia memiliki peran pada imunitas, nutrisi, dan perkembangan manusia.

Di sini ditinjau tentang interaksi antara koloni mikroba dan sistem kekebalan tubuh dan implikasi dari temuan ini bagi kesehatan manusia.

Mengapa mikrobiota saluran pencernaan itu penting? Karena mengandung berbagai kelas bakteri untuk :

  • Komunikasi antara otak dengan saluran cerna
  • Memberi sinyal untuk perkembangan fungsi imun
  • Melindungi dari mikroorganisme merugikan
  • Mengatur metabolisme energi
  • Memproduksi vitamin B12, K, dan Folat
  • Membantu mencerna makanan

Makanan pembentuk mikrobioma pada bayi yang terbaik adalah ASI Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan “probiotik” sebagai “organisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang memadai memberi manfaat kesehatan pada inang.

Makanan Untuk Kesehatan Usus

Nutrisi dari Makanan Sehat

Lalu, bagaimana memelihara sistem imun untuk memenuhi tumbuh kembang anak? jawabannya adalah makanan pendukung kesehatan pencernaan usus yang berupa buah-buahan, sayuran hijau dan yang mengandung Prebiotik dan Probiotik, seperti :

  • Seluruh sayuran berwarna hijau
  • Makanan tinggi serat
  • Buah buahan seperti apel, pisang, dan jeruk
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian utuh
  • Makanan probiotik, seperti yogurt, kimchi, kefir, tempe, miso, dan kombucha.
  • Makanan prebiotic, seperti pisang, oat, asparagus, bawang merah, bawang putih
  • Susu Pertumbuhan

Makanan pendukung diatas diperlukan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Prof Yvan menuturkan bahwa mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung system imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Untuk itu, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik.

Prebiotik merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Kombinasi FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi resiko infeksi.

Susu Pertumbuhan Untuk Kesehatan Saluran Cerna

Prof Yvan juga menjelaskan bahwa pada GIANT study yang dilakukan pada 767 anak sehat berusia diatas 1 tahun di 5 negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebiotik, IcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan kedalam susu, hasilnya adalah infeksi resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu sapi.

Beberapa waktu yang lalu, Aliandra baru saja pulang dari rumah sakit karena infeksi saluran cerna. Bertepatan dengan saya mengikuti kelas zoom ini. Dari situ membuka mata saya akan pentingnya saluran pencernaan. Karena sumber kehidupan berawal dari saluran cerna yang itu semua bisa didapat dari makanan yang sehat.

Ditengah kondisi pandemi saat ini, penting bagi kita semua dan juga anak kita untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga kekebalan daya tahan tubuh. Selain dari sumber makanan, nutrisi tambahan untuk si kecil bisa didapat dari susu pertumbuhan yang dilengkapi dengan FOS, GOS dan mengandung Omega 3 & 6 yang dapat membantu mencegah infeksi yang tidak didapat pada susu lain, contohnya Nutrilon Royal.

Susu Nutrilon dan Nutrilon Royal (harga.info)

Karena itu, dari kelas zoom yang diadakan oleh Nutriclub, sekarang saya juga bergabung bersama Nutriclub.co.id agar saya bisa lebih banyak mendapatkan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan ilmu parenting lainnya. Untuk anda para Ibu yang menginginkan hal yang serupa seperti saya dan ingin nutrisi anak tercukupi dengan baik, yuk bergabung bersama di nutriclub.co.id dan jadi bagian dari Nutriclub. Sehingga saya tidak bingung lagi bagaimana memelihara sistem imun untuk memenuhi tumbuh kembang anak?

Semoga dengan informasi bagaimana memelihara sistem imun untuk memenuhi tumbuh kembang anak? ini bisa menjadikan kita Ibu yang semakin melek akan nutrisi karena inilah yang dibutuhkan anak-anak kita untuk masa depannya. Aamiin. Semangat ya, Bu!